Saturday 18 June 2011

10 RIBU DULU ; WOK KECIK dan WOK GEDANG D' KERINCI .

WOK KECIK WOK GEDANG
oleh Mamoh Kincai Asril pada pada 16hb Jun 2011 pukul 8.03 ptg

Masyarakat Kerinci Dari segi antropologi, Kerinci masih menyajikan suatu misteri, misalnya asal muasal orang Kerinci masih belum jelas. Dengan bahasa yang sangat beragam, sekitar 35 buah dialek, yang dipakai hanya di sepanjang lembah, memperumit penelitian etnografi.
Beberapa penelitian menyebutkan bahawa orang Kerinci termasuk kelompok suku bangsa asli yang mula-mula datang ke Sumatra. Kelompok suku bangsa ini kemudian dikenal dengan ‘Kecik Wok Gedang Wok’ yang diduga telah berada di wilayah ‘Alam Kerinci’ semenjak 10.000 tahun silam (Whitten, 1987). Para ahli belum bisa memastikan termasuk kedalam kelompok ras mana sebenarnya ‘Kecik Wok Gedang Wok’, karena mereka telah lebur dalam percampuran darah dengan penduduk yang datang kemudian. Sehingga sisa dari kelompok manusia ‘Kecik Wok Gedang Wok’ ini sudah tidak ditemukan lagi.
Menurut Kern (1889) dan Sarasin (1982) pada tahun 4.000 SM terjadi perpindahan rumpun Melayu (rumpun Polinesia) dari Alam Melayu ke pulau-pulau di Lautan Teduh sebelah timur dan pulau-pulau di Lautan Hindia sebelah barat, maka terjadi pula perpindahan etnis ini dari satu tempat ke tempat lain pada Alam Melayu seperti perpindahan Proto Malaiers (Melayu Tua) ke Alam Kerinci. Alam Kerinci saat itu telah didiami oleh manusia ‘Kecik Wok Gedang Wok’. Jumlah Proto Melayu yang lebih dominan dari ‘Kecik Wok Gedang Wok’ menyebabkan Kecik Wok Gedang Wok secara perlahan menjadi lenyap dalam percampuran darah. Kelompok ini selanjutnya berkembang dan menjadi nenek moyang orang Kerinci.
Dr. Bennet Bronson peneliti dari amerika Serikat bersama Tim Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional Jakarta (1973) berpendapat bahwa suku bangsa Kerinci lebih tua dari bangsa Inka (Indian) di Amerika. Salah satu pembuktian yang dikemukakan adalah tentang manusia ‘Kecik Wok Gedang Wok’ yang belum mempunyai nama panggilan secara individu, sedangkan suku bangsa Indian di Amerika diketahui sudah memiliki nama seperti Big Buffalo (Kerbau Besar), Little Fire (Api Kecil).

No comments:

Post a Comment